-->
 

Emas adalah komoditi yang selalu diminati dari dulu hingga sekarang. Volume transaksi emas fisik dan margin trading juga masih tinggi. Berikut ini beberapa tips membeli dan menjual emas.



Membeli dan Menjual Emas Investasi atau Perhiasan dengan untung besar
Tips Membeli dan Menjual Emas (pixabay.com)


Tentukan tujuan anda membeli emas

Sebelum anda membeli emas, terlebih dahulu tentukan tujuan anda untuk membeli emas. Apakah untuk kesenangan, perhiasan, tabungan, atau untuk berinvestasi. Jika tujuan anda untuk berinvestasi, anda dapat membeli emas batangan atau koin karena nilai intrinsiknya yang relatif besar. Kalau tujuan anda untuk perhiasan sekaligus tabungan untuk keperluan mendadak, maka anda perlu memilih emas yang memiliki kadar yang tinggi agar emas perhiasan anda tetap mempunyai nilai jual yang tinggi.

Mencari informasi harga emas hari ini

Sebelum membeli atau menjual emas, sebaiknya anda mencari informasi harga terbaru terlebih dahulu. Anda bisa mengecek harga emas di website logammulia.com atau mengecek harga emas internasional di kitco.com.

Tentukan tempat anda membeli emas

Dalam membeli emas sangat penting untuk menentukan tempat membeli yang baik, usahakan membeli emas ditoko emas yang memiliki reputasi yang jelas dan terbaik di tempat anda. Hal ini akan memberikan anda rasa lebih aman dan supaya anda mendapatkan emas yang terbaik. Perhatikan juga harga jual kembali pada toko emas tersebut, sebaiknya anda membeli di toko yang menerima emas dengan harga sekarang. Artinya ketika anda menjual kembali di toko tersebut harganya mengikuti harga terbaru sekarang bukan harga sewaktu anda membeli emas tersebut.

Simpan kwitansi dan sertifikat emas dengan baik

Sangat penting menyimpan kwitansi pembelian dan sertifikat emas anda dengan baik, karena jika kwitansi dan sertifikat hilang dan ketika anda ingin menjual kembali tanpa sertifikat harga emas anda akan jatuh. Simpanlah dokumen tersebut dengan baik, sebagaimana anda menyimpan emas anda.

Menyimpan emas dengan baik dan aman

Kalau emas anda tidak terlalu banyak, anda dapat menyimpan di rumah atau di tempat yang menurut anda aman. Simpanlah di dalam kotak atau brankas yang hanya bisa di akses oleh anda. Kalau emas anda banyak seperti emas batangan 1 kg keatas, mungkin anda perlu mempertimbangkan untuk menyimpan emas anda di bank deposit. Anda dapat menghubungi bank yang menyediakan jasa tersebut dan menanyakan bagaimana mekanismenya, biaya bank deposit tidak terlalu mahal dan berbeda biaya di bank yang satu dengan yang lain.

Mencari penawaran terbaik saat menjual

Bagian penting dari berinvestasi emas adalah bagaimana anda menjual kembali emas tersebut. Anda harus mencari tahu harga emas sekarang kemudian mencari perbandingan di beberapa tempat toko emas untuk mendapatkan harga penawaran yang terbaik.

Mempertimbangkan emas sebagai jaminan

Apabila anda memerlukan uang secara mendadak, ada pilihan lain selain menjual emas anda. Anda dapat menjaminkan emas anda di pegadaian karena emas sangat mudah diterima sebagai jaminan di pegadaian. Setelah anda mempunyai dana, anda dapat menebus kembali emas tersebut sehingga anda tidak kehilangan nilai dan emas milik anda.

Posting Komentar

 
Top