-->
 

Tidak perlu diragukan lagi untuk harga atau nilai dari emas, dari tahun ke tahun harganya cenderung naik. Jadi, tidak ada salahnya jika anda mengalokasikan sebagian dana anda untuk berinvestasi emas meski harganya bisa turun pada waktu tertentu.








Jenis Investasi Emas Paling Menguntungkan jangka pendek dan jangka panjang
Jenis Investasi Emas (pixabay.com)


Investasi emas dalam bentuk fisik atau emas batangan

Jika anda ingin berinvestasi emas dalam bentuk fisik, sudah pasti anda bisa membeli emas batangan di Antam (Aneka Tambang) atau di toko emas. Di Indonesia yang mengeluarkan emas batangan berikut sertifikatnya adalah Antam, maka sudah pasti harga Antamlah yang menjadi patokan harga emas batangan di Indonesia.

Jika anda membeli emas batangan di Antam, maka anda akan memperoleh harga pada waktu anda melakukan transaksi dengan Antam. Selisih harga beli dan harga jual (spread) di Antam kurang lebih 5% misalnya, pada waktu anda melakukan transaksi di Antam dengan harga beli Rp. 500.000/gram, kemudian anda ingin menjual kembali pada waktu dan jam yang sama maka anda akan mendapat harga jual di Rp. 525.000/gram dengan asumsi spread 5%.

Investasi emas dalam bentuk perhiasan

Investasi emas dalam bentuk perhiasan kurang dianjurkan, karena tingkat kemurnian emas tersebut sudah berkurang. Rata-rata kadar emas yang terdapat dalam perhiasan emas yang beredar hanya sekitar 70% sampai 75% dan sudah pasti dikenakan biaya pembuatan perhiasan tersebut. Jika anda ingin menjual kembali perhiasan emas tersebut akan dipotong biaya pembuatannya, artinya yang dinilai hanya emasnya saja tidak termasuk ongkos atau biaya pembuatan pada saat anda membeli perhiasan emas tersebut.

Investasi emas dalam bentuk trading atau online trading gold

Tahukah anda bahwa banyak pedagang emas melakukan transaksi emas secara besar-besaran di bursa. Mereka melakukan jual dan beli emas secara online, tanpa repot harus pergi ke tempat pembelian emas batangan dan dengan rasa waswas menyimpan emas batangan tersebut. Mereka hanya cukup duduk manis di depan notebook/komputer mereka dengan ditemani secangkir kopi dalam melakukan transaksi emas.

Mengapa para pedagang itu bisa dengan mudahnya melakukan transaksi emas? Sebenarnya anda pun bisa melakukannya. Dalam melakukan trading emas online, anda tidak perlu pergi jauh-jauh untuk membeli atau menjual emas anda karena semua transaksi cukup dilakukan pada satu layar atau yang biasa disebut platform online trading. Pada layar atau platform online trading tersebut sudah tertera harga beli dan harga jualnya secara running market atau harga yang berlaku pada waktu dan jam tersebut.

Jadi ketika anda melihat harga tersebut, anda dapat langsung melakukan tansaksi beli atau jual dalam satuan trading atau yang biasa disebut lot. Anda tinggal menentukan berapa lot yang ingin anda beli atau anda jual, dan anda juga dapat menentukan sendiri kapan anda ingin membeli dan kapan anda menjual emas anda. Dalam online trading emas, anda tidak memegang fisik emas tersebut tetapi dalam bentuk satuan trading atau lot. Banyaknya emas yang anda miliki ditentukan dari banyaknya jumlah lot yang anda miliki.

Itulah 3 bentuk investasi emas, jika anda ingin berinvestasi emas dalam bentuk trading atau online trading gold. Sebaiknya anda terlebih dahulu mencari informasi sebanyak mungkin tentang broker atau pialang yang ingin anda jadikan sebagai mitra investasi anda, dan cobalah open account versi demo terlebih dahulu untuk belajar mengamati pergerakan harga dan supaya ketika nanti anda sudah mempunyai account live, setidaknya anda sudah mengetahui semua fungsi dan istilah yang digunakan dalam trading. Sekian dari penulis, semoga bermanfaat.

Posting Komentar

  1. Awalnya memang dimana ane ragu untuk coba nya gabung bersama ACY ini, namun ternyata dimana memang ACY ini benar benar is the best broker, dengan fasilitas terbaik di berikan, dengan bonus yang menarik, layanan yang ramah, terpercaya dana trading juga, yang pastinya sih bangga dan puas deh dengan dimana telah gabung nya bersama ACY ini

    BalasHapus

 
Top