-->
 

Fluktuasi dan faktor yang mempengaruhi harga emas

Sebagai aturan harga emas bergantung pada kondisi ekonomi dunia. Selebihnya harga emas selalu menjadi indikator yang efektif atau alternatif instrumen investasi yang unprofitability. Emas adalah instrumen yang paling stabil dan likuid dalam fiksasi modal dan tabungan masa depan.

Pergerakan harga emas berlawanan dengan US$ dan hubungan yang searah dengan nilai minyak yang dinamis. Ini menyatakan ketika volatilitas pasar mata uang dan penurunan nilai US$, emas muncul sebagai alternatif tujuan investasi. Sementara harga per barrel minyak naik, emas adalah nilai mean dari akumulasi petrodolar. Berikut ini adalah 5 faktor penting penyebab naiknya harga emas.


Faktor Penyebab naiknya fluktuasi harga emas secara global
Faktor penting penyebab harga emas naik (pixabay.com)


Kenaikan inflasi melebihi yang diperkirakan

Setiap negara dalam menentukan kebijakan ekonomi biasanya akan melihat tingkat inflasi. Prediksi berapa persen kira-kira inflasi di negara tersebut akan menjadi acuan dalam penetapan tingkat suku bunga dan lain-lain. Jika prediksi tingkat infalsi itu meleset dan melebihi yang diperkirakan biasanya akan berpengaruhi terhadap harga emas, dan akibatnya harga emas-pun akan melonjak tinggi.

Terjadi kepanikan finansial

Kepanikan finansial seperti saat krisis moneter tahun 1998 dan juga tahun 2008 silam sangat jelas mempengaruhi harga emas, krisis moneter pada saat itu berimbas pada harga emas yang terus meroket tidak terkendali. Hal ini terjadi karena masyarakat enggan memegang uang kertas dan lebih memilih menyimpan kekayaannya dalam bentuk emas.

Harga minyak naik secara signifikan

Jika harga minyak mentah dunia naik secara signifikan, maka harga emas juga akan ikut naik meski dampaknya tidak terjadi seketika. Seperti saat terjadi invasi AS ke Irak, dimana Irak adalah salah satu produsen minyak terbesar di dunia, dan juga saat negara sekutu yang dipimpim AS menyerang Libya. Akibatnya harga minyak melonjak tajam yang kemudian diikuti oleh naiknya harga emas.

Demand terhadap emas

Sesuai hukum supply demand, naiknya permintaan emas dunia yang tidak diikuti oleh naiknya pasokan emas mengakibatkan harga emas akan terus meningkat. China dan India adalah dua negara yang paling besar menghabiskan uangnya untuk membeli emas.

Kondisi politik dunia

Ketegangan politik dunia yang membuat suhu politik meninggi dan mengakibatkan ketidakpastian ekonomi akan membuat harga emas naik. Para pelaku pasar akan menarik investasinya di bursa saham, valas, atau obligasi, dan akan lebih memilih investasi yang aman yakni investasi emas, sehingga permintaan terhadap emas pun naik. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, jika permintaan emas dunia meningkat secara otomatis akan mempengaruhi harga emas.

Itulah 5 contoh faktor penting yang mempengaruhi fluktuasi harga emas, tentunya masih banyak faktor lain yang juga mempengaruhi pergerakan harga emas. Semoga bermanfaat.!

Posting Komentar

  1. Absolutely nothing is complimentary in this world, but make sure that you Buy facebook reviews merely from the reliable sources for good acceptance on the internet. facebook ratings

    BalasHapus

 
Top